Tautan-tautan Akses

Pasukan Darat dan Tank-Tank Israel Masuki Jalur Gaza


Pasukan darat Israel telah memasuki Jalur Gaza, menandai meningkatnya serangan Israel terhadap kelompok militan Palestina Hamas.

Saksi mengungkapkan tank-tank dan pasukan Israel didukung helikopter kapal-kapal tempur memasuki Gaza utara Sabtu malam, sekitar kota Beit Lahiya. Berbagai laporan media menyebutkan terjadi pertempuran sengit di kawasan tersebut.

Dalam pidato televisi hari Sabtu, Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak mengatakan tujuan Israel adalah menghentikan Hamas agar tidak melakukan tindakan yang membahayakan Israel. Ia menambahkan operasi itu tidak akan singkat atau pun mudah.

Pejabat militer Israel mengatakan tujuan operasi mereka bukanlah untuk menduduki kembali jalur Gaza melainkan menghancurkan infrastruktur militer Hamas di wilayah itu. Sebelumnya, dikatakan tujuan operasi darat adalah untuk menghentikan Hamas agar tidak meluncurkan roket ke Israel.

Ribuan pasukan dan tank-tank Israel telah bersiap di perbatasan Gaza beberapa hari belakangan, bersiap-siap akan kemungkinan serangan darat. Israel juga telah memerintahkan agar ribuan cadangan militer siaga.

Jet-jet tempur, kapal-kapal meriam dan artileri Israel menyerang target-target Hamas di Gaza Sabtu.

Satu serangan udara Israel menewaskan seorang komandan senior Hamas Abu Zakariya al Jamal, tokoh tertinggi ke 3 di Hamas yang tewas dalam serangan tersebut. Jet-jet tempur juga menghantam kampus di Palestina yang disebut American School dan satu masjid di Gaza utara. Serangan terhadap masjid menewaskan setidaknya 10 orang. Sedangkan The American School, menurut Israel, selama ini digunakan sebagai tempat untuk melancarkan roket ke Israel.

Para pejabat mengatakan setidaknya 460 warga palestina tewas dalam konflik tersebut. PBB memperkirakan sekitar seperempat dari jumlah korban adalah warga sipil. Untuk membatasi jatuhnya korban dari warga sipil, pesawat-pesawat Israel menyebarkan leaflet atau selebaran dari udara ke Gaza. Selebaran itu memperingatkan agar warga meninggalkan rumah sebelum serangan udara diluncurkan.

Hamas menewaskan 3 warga sipil Israel dan seorang tentara dengan serangan roketnya yang diluncurkan tiap hari.

Ribuan warga Arab Israel berdemonstrasi Sabtu di kota Sakhnin, Israel utara, memprotes serangan Israel terhadap Hamas. Demonstrasi pro Palestina juga terjadi di London, Madrid, Paris, dan kota-kota Eropa lain juga di ibukota Afghanistan, Kabul.

XS
SM
MD
LG