Tautan-tautan Akses

PM Singh Berharap Pakistan Serahkan Tersangka Serangan Mumbai


Perdana Menteri India Manmohan Singh mengatakan ia berharap Pakistan akan memiliki cukup pertimbangan yang masuk akal dan menyerahkan para tersangka dalam serangan teroris di Mumbai untuk diadili di India.

Singh menegaskan kembali bahwa India tidak ingin berperang dengan negara tetangganya, tetapi Pakistan harus menyerahkan para tersangka pelaku serangan teroris November lalu yang menewaskan 172 orang di Mumbai.

New Delhi mengatakan, para penyerang adalah warga Pakistan yang dilatih di Pakistan, tetapi Pakistan mengatakan, tidak ada bukti mengenai kewargaannegara mereka.

Para pemimpin Pakistan juga telah mengesampingkan kemungkinan akan mengekstradisi tersangka siapa pun, dengan mengatakan tidak ada perjanjian mengenai hal itu dengan India yang membolehkan aksi semacam itu.

Perdana Menteri Singh menyampaikan hal itu dalam lawatannya ke negarabagian Assam, India timur-laut, di mana 3 bom meledak pekan ini, menewaskan 3 orang dan melukai 50 lainnya.

Perdana Menteri Singh mengatakan, India akan berusaha sedapat-dapatnya untuk memberantas terorisme, dan bahwa pemerintah bersedia untuk berbicara dengan kelompok pemberontak manapun yang pertama meletakkan senjata mereka.

XS
SM
MD
LG