Tautan-tautan Akses

Obama Desak Kongres AS Segera Bergerak Atas Rencana Pemulihan Ekonomi


Presiden Amerika terpilih Barack Obama mendesak Kongres agar segera bergerak terhadap rencana pemulihan ekonomi yang dirancang untuk menciptakan 3 juta lapangan kerja.
Dalam pidato mingguannya yang disiarkan Sabtu, Obama mengatakan terlalu banyak keluarga yang menghadapi "keresahan dan ketidakpastian" di tahun baru ini karena utang yang menumpuk.

Obama mengatakan Amerika membutuhkan satu rencana pemulihan dan investasi, yang tidak hanya akan menciptakan lapangan kerja dalam jangka pendek, tapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya saing dalam jangka panjang. Dan itu harus dirancang dengan cara baru.

Obama akan bertemu anggota DPR dari partai Demokrat maupun Republik di Washington pekan depan untuk membahas rencana pemulihan ekonominya. Kongres akan bersidang lagi mulai Selasa.

Obama dan keluarganya akan pindah ke Washington hari Minggu, bersiap-siap untuk dilantik sebagai presiden pada 20 Januari.

Banyak anggota partai Republik menyatakan keprihatinan mereka terhadap rencana Obama untuk memberikan paket stimulus besar, yang para pembantunya katakan bisa mencapai 775 miliar dolar.

Sementara itu, Departemen Keuangan Amerika hari Jumat mengeluarkan pedoman program pemberian dana talangan pemerintah untuk mencegah lembaga-lembaga keuangan besar jatuh bangkrut.

XS
SM
MD
LG