Tautan-tautan Akses

Koalisi Pro-India Siap Ambil Kekuasaan di Kashmir


Koalisi pendukung India akan memimpin pemerintahan regional baru di wilayah Kashmir yang dikuasai India, mengakhiri pemerintahan federal selama hampir enam bulan, yang memicu protes-protes yang diwarnai kekerasan menentang kekuasaan India.

Omar Abdullah, Ketua Partai Konvensi Nasional mengatakan akan memimpin pemerintahan koalisi baru itu dengan Partai Kongres setelah pemilu negara bagian baru-baru ini gagal memberikan suara mayoritas pada salah satu Partai.

Abdullah mengatakan pemerintahan yang baru akan menjadi satu kemitraan, dimana masing-masing “punya andil sama dalam peningkatan banyak kesejahteraan masyarakat” di wilayah Himalaya yang diperebutkan itu. Ia berbicara kepada wartawan di New Delhi hari Selasa setelah berbicara dengan ketua Partai Kongres Sonia Gandhi.

Partai Konvensi National Abdullah memenangkan 28 dari 87 kursi dewan Jammu dan Kashmir melalui berbagai tahapan pemilu yang berakhir minggu lalu. Partai Kongres mendapat 17 dan kelompok regional lainnya (Partai Rakyat Demokrat) memenangkan 21 kursi.

Kashmir membagi Pakistan dan India, namun diklaim kedua negara

XS
SM
MD
LG