Tautan-tautan Akses

Kwartet Perantara Perdamaian Timur-Tengah Serukan Gencatan Senjata


Kwartet perantara perdamaian Timur-Tengah menyerukan gencatan senjata segera yang akan dihormati sepenuhnya oleh Israel dan organisasi militan Palestina, Hamas.

Seorang jurubicara PBB mengatakan hari Selasa organisasi tersebut mendesak semua pihak dalam sengketa itu agar membahas kebutuhan ekonomi dan kemanusiaan yang penting di Gaza, dan mengambil langkah yang perlu untuk memberi bantuan.

Kwartet itu – yang terdiri dari Amerika Serikat, Uni Eropa, PBB dan Rusia – juga sependapat mengenai sangat perlunya Israel dan Palestina terus menempuh jalan menuju perdamaian.

Kelompok itu membicarakan krisis tersebut dalam konferensi jarak jauh hari Selasa antara Sekjen PBB Ban Ki-moon, Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice, pimpinan kebijakan luar negeri Uni Eropa Javier Solana dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Sebelumnya pada hari itu, pemerintahan Bush tidak mau turut menyerukan gencatan senjata segera, dengan mengatakan pihaknya tidak menghendaki persetujuan yang terburu-buru yang akan mengulangi lagi gencatan senjata sebelumnya yang telah gagal bulan ini.

XS
SM
MD
LG