Tautan-tautan Akses

Pengadilan Taiwan Blokir Pembebasan Chen Shui-bian


Pengadilan tinggi Taiwan telah membatalkan keputusan pengadilan yang lebih rendah untuk membebaskan mantan Presiden Chen Shui-bian, sementara menunggu pengadilan dirinya seputar tuduhan melakukan korupsi.

Keputusan pengadilan pada hari Minggu itu mengharuskan pengadilan distrik untuk mempertimbangkan kembali penahanan Chen setelah penuntut memperingatkan ia kemungkinan berusaha melarikan diri atau mempergunakan pengaruhnya untuk mengalihkan keberfihakan beberapa saksi.

Pengadilan rendah sudah dua kali memutuskan pembebasan Chen, tetapi akan menyelenggarakan sidang baru sehubungan penahanan dirinya hari Senin.

Chen juga dikenakan tuduhan melakukan korupsi dan pencucian uang bulan lalu. Ia dan istrinya dituduh menggelapkan lebih dari tiga juta dolar dana publik serta menerima sogokan bernilai sembilan juta dolar dalam sebuah transaksi pembelian tanah.

Chen terpilih pada tahun 2000 dan waktu itu berjanji akan memerangi korupsi. Ia mengatakan tuduhan terhadap dirinya berlatar belakang politik, dan ia menuduh penggantinya, Presiden Ma Ying-jeou sebagai biang keladi penyelidikan ini.

XS
SM
MD
LG