Tautan-tautan Akses

Sarkozy: Brazil Sebaiknya Pegang Peranan Penting dalam Masalah Internasional


Presiden Perancis Nicolas Sarkozy mengatakan Brazil sebaiknya memegang peranan yang lebih besar dalam masalah internasional, termasuk memperoleh satu kursi permanen dalam Dewan Keamanan PBB.

Sarkozy mengatakan demikian hari Senin pada awal kunjungan dua hari di Rio de Janeiro, dimana ia menghadiri pertemuan puncak antara Uni Eropa dan Brazil. Presiden Perancis dan Presiden Brazil, Luiz Inacio Lula dan Silva, diperkirakan akan menanda-tangani persetujuan lingkungan dan pembelian peralatan militer dalam kunjungan tersebut.

Perjanjian pembelian senjata itu akan mencakup pengalihan teknologi dari Perancis untuk membantu Brazil membuat sampai 4 kapal selam konvensional. Perjanjian itu juga diperkirakan akan mempersiapkan Brazil untuk membuat kapal selam bertenaga nuklirnya yang pertama.

Brazil mengatakan negara itu bermaksud untuk memodernisasi militernya untuk melindungi ladang minyak lepas pantainya yang luas. Disamping teknologi kapal selam. Brazil akan membeli 50 helikopter angkut Cougar yang akan dirakit di dalam negeri.

XS
SM
MD
LG