Tautan-tautan Akses

Obama Sambut Baik Rencana Bush Pinjamkan 13,4 M kepada Chrysler dan GM


Presiden-terpilih Amerika Barack Obama telah mengatakan kepada pabrik-pabrik mobil Amerika bahwa mereka harus mengambil langkah-langkah sulit untuk merestrukrisasi industri mereka, bahkan sementara mereka akan menerima pinjaman milyaran dolar dari pemerintah.

Obama Jumat menyatakan menyambut baik rencana pemerintah Bush untuk meminjamkan 13,4 milyar dolar kepada Chrysler dan General Motors. Tetapi dia juga memperingatkan perusahaan-perusahaan mobil terkemuka itu bahwa rakyat Amerika sudah tidak sabar lagi dengan praktek manajemen buruk pabrik-pabrik mobil Amerika. Dia mengatakan, karyawan mobil hendaknya tidak menanggung beban restrukturisasi industri mobil itu.

Serikat Buruh Mobil Amerika juga telah mengecam rencana baru Gedung Putih, yang dikatakannya tidak adil dengan memotong gajih karyawan.

Presiden Bush mengatakan, dalam keadaan krisis keuangan dan resesi, tidaklah bertanggungjawab membiarkan industri mobil Amerika bangkrut.

Presiden Bush Jumat mengumumkan program pinjaman baru, dan mengatakan, perusahaan mobil harus memberikan konsesi imbalan, yakni dengan mengurangi gajih karyawan dan tidak lagi menggunakan pesawat-pesawat jet eksekutif.

XS
SM
MD
LG