Tautan-tautan Akses

AS Sambut Gembira Pembukaan Hubungan Langsung Tiongkok dan Taiwan


Amerika mengatakan pemulihan transportasi laut dan udara serta layanan pos antara Tiongkok dan Taiwan, setelah terputus selama hampir 6 dekade, sangat positif.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Amerika senantiasa mendorong diadakannya dialog antara kedua fihak dimasing-masing sisi Selat Taiwan.

Senin, Tiongkok dan Taiwan melakukan upacara yang menandai dimulainya hubungan transpor langsung antara kedua negara sejak kedua fihak memisahkan diri menyusul perang sipil tahun 1949.

Hubungan transpor baru ini menunjukkan menghangatnya hubungan antara kedua negara, sementara juga mengurangi biaya dan waktu perjalanan diantara kedua mitra dagang utama itu.

Penerbangan penumpang dimulai Senin pagi dari Tiongkok keibukota Taiwan Taipei dan dari Taipei ke Shanghai di daratan Tiongkok. Sekitar 100 penerbangan diperkirakan berlangsung minggu ini.

Presiden Taiwan Ma Ying-jeou berada di kota pelabuhan Kaoshiung guna melepas kapal kargo yang berlayar ke pelabuhan Tianjin di Tiongkok daratan, sementara kapal angkut lainnya juga memulai perjalanan dengan arah pelayaran sebaliknya.


XS
SM
MD
LG