Tautan-tautan Akses

Presiden Somalia Diberitakan Pecat PM Nur Hussein


Kemelut politik di Somalia terus berlanjut. Presiden Somalia mengatakan ia telah memecat PM Nur Hassan Hussein, tapi Hussein mengatakan presiden tidak punya hak untuk melakukan hal itu.

Ini dikatakan PM Hussein setelah Presiden Abdulahi Yusuf mengumumkan bahwa pemerintahan Hussein telah gagal dan bahwa ia akan menunjuk penggantinya dalam tiga hari mendatang.

Kedua pemimpin Somalia itu sudah lama bertengkar tentang susunan kabinet dan perundingan perdamaian dengan kelompok pemberontak Islam yang disponsori PBB.

Konflik dalam pemerintahan Somalia itu telah melemahkan pemerintahan Yusuf dan bulan lalu ia mengakui bahwa pasukan pemerintah hanya menguasai dua kota besar, yaitu ibukota Mogadishu dan kota Baidoa.

Pertempuran antara pasukan Somalia yang dibantu pasukan Ethiopia dan pasukan pemberontak islam telah berlangsung dua tahun dan menewaskan ribuan orang. Sedikitnya satu juta orang telah kehilangan rumah dan kelompok-kelompok bantuan mengatakan Somalia berada diambang krisis kemanusiaan yang gawat.

XS
SM
MD
LG