Tautan-tautan Akses

Tiongkok dan Taiwan akan Segera Buka Hubungan Langsung


Tiongkok dan Taiwan akan segera membuka hubungan udara, laut dan pos langsung antara kedua negara untuk pertama kalinya sejak tahun 1949.

Kedua pihak akan mulai mengadakan penerbangan langsung pesawat penumpang dan barang hari Senin. Tadinya, hubungan udara itu hanya dilakukan atas dasar charter pada akhir pekan dan hari-hari besar.

Kapal-kapal Tiongkok dan Taiwan juga akan mulai pelayaran antara kedua kawasan yang terpisah oleh selat Taiwan.

Pejabat kedua negara mengatakan, hubungan langsung itu akan menurunkan ongkos perjalanan bagi penduduk dan pengusaha antara daratan Tiongkok dan Taiwan.

Tiongkok masih menganggap Taiwan bagiannya dan mengancam akan bertindak apabila Taiwan menyatakan kemerdekaan.

Sementara itu, pemerintah Tiongkok mengumumkan akan mencetak uang lagi guna mendorong belanja konsumen tahun depan.

Penambahan uang Tiongkok sebanyak 17 persen itu akan dilakukan mulai permulaan tahun depan. Pemerintah juga berharap akan bisa menambah pinjaman bank-bank kepada konsumen 14 milyar dollar lebih banyak dibanding tahun ini. Pemerintah Tiongkok bulan lalu mengumumkan paket perangsang ekonomi berjumlah 580 milyar dollar untuk masa dua tahun ke depan.

Kemarin, Tiongkok dan korea selatan mengumumkan peningkatan kerjasama sektor manufaktur dan menghilangkan hambatan-hambatan perdagangan. Kedua usaha itu ditujukan untuk membantu perekonomian global yang sedang gawat, yang dipicu oleh krisis KPR di Amerika dua tahun yang lalu.

XS
SM
MD
LG