Tautan-tautan Akses

Bush Ubah Kebijakan Pengunaan Uang untuk Selamatkan Industri Mobil AS


Pemerintah Bush telah mengubah kebijakan dan menyatakan mungkin akan menggunakan uang dari dana penyelamatan industri keuangan untuk menyelamatkan industri mobil Amerika.

Gedung Putih Jumat menyatakan akan mempertimbangkan untuk membantu industri mobil dengan menggunakan sebagian dari 700 milyar dolar yang disisihkan untuk membantu industri perbankan. Pemerintah Bush dari Partai Republik sebelumnya menolak permintaan para pemimpin Partai Demokrat di Kongres untuk menggunakan dana tersebut.

Para pejabat di Dept.Keuangan Amerika menyatakan bersedia untuk mencegah kebangkrutan industri mobil sampai Kongres bersidang kembali untuk menangani masalah itu.

General Motors dan Chrysler menyatakan perlu sekitar 14 milyar dolar untuk dapat tetap beroperasi. Para pendukung bantuan itu mengatakan, kegagalan salah satu dari Tiga Besar Pabrik Mobil Amerika, GM, Chrysler dan Ford akan mengakibatkan hilangnya sangat besar lapangan kerja pada saat ekonomi Amerika sedang mengalami resesi.

Rancangan Undang-undang untuk pinjaman jangka pendek bagi industri mobil Amerika gagal di Senat Kamis malam karena Partai Demokrat dan Partai Republik tidak berhasil menyepakati rincian RUU itu.

Presiden terpilih Barack Obama mendesak Kongres dan pemerintah Bush agar mencari cara untuk membantu industri mobil yang bermasalah:

Kata Obama, kita harus mencegah bangkrutnya industri mobil, karena kegagalan industri itu akan semakin menghancurkan ekonomi.

XS
SM
MD
LG