Tautan-tautan Akses

Parlemen Jepang Perpanjang Misi Pengisian Bahan Bakar AL


Para anggota parlemen Jepang telah memperpanjang misi pengisian bahan bakar angkatan laut yang mendukung usaha anti terorisme yang dipimpin Amerika di Lautan India.

Pemungutan suara hari ini di majelis rendah parlemen memperpanjang misi di Lautan India itu hingga bulan Januari 2010. Pasukan angkatan laut Jepang melakukan pengisian bahan bakar terhadap kapal-kapal asing yang turut dalam operasi-operasi Amerika di Afghanistan.

Misi tersebut ditolak sebelumnya oleh majelis tinggi parlemen, yang dikuasai oleh partai oposisi utama. Rancangan undang-undang mengenai misi itu kemudian diajukan ke majelis rendah yang lebih berkuasa, yang dikuasai oleh Partai Demokrat Liberal.

Misi pengisian bahan bakar itu mulai dilakukan tahun 2001. Misi itu dihentikan sebentar tahun lalu setelah para anggota parlemen dari golongan oposisi merintangi perpanjangan misi itu. Banyak diantara mereka memandang misi itu sebagai pelanggaran terhadap konstitusi Jepang pasca perang, yang membatasi operasi militer hanya untuk membela diri.

XS
SM
MD
LG