Tautan-tautan Akses

Tidak Tercapai Persetujuan Penyelamatan Industri Mobil AS


Golongan Demokrat yang mayoritas dan golongan Republik yang minoritas di Senat Amerika gagal mencapai persetujuan mengenai rencana penyelamatan industri mobil Amerika yang terancam bangkrut.

Ketua golongan mayoritas di Senat Amerika Harry Reid mengumumkan Kamis malam bahwa persetujuan tidak dapat dicapai karena terlalu banyak perbedaan antara legislator Demokrat dan Republik. Reid menyebut kegagalan itu sebagai kerugian besar bagi Amerika.

Para Senator Republik mengatakan perundingan gagal karena serikat buruh pabrik mobil tidak mau menyetujui jadwal pengurangan gaji.

Pemerintahan Bush mengeluarkan pernyataan yang menyebut kegagalan perundingan itu mengecewakan. Gedung Putih mengatakan rancangan undang-undang tersebut merupakan kesempatan terbaik untuk mencegah kebangkrutan.

Para Senator Demokrat telah mendesak pemerintahan agar menggunakan sebagian dari 700 milyar dolar dana yang dimaksudkan untuk menyelamatkan industri keuangan Amerika, untuk membantu produsen mobil. Gedung Putih mengatakan pemerintahan sedang mengevaluasi pilihan-pilihannya.

General Motors mengeluarkan pernyataan yang mengatakan pihaknya sangat kecewa karena rancangan undang-undang itu tidak disetujui. Perusahaan itu mengatakan pihaknya akan mengevaluasi pilihan-pilihannya untuk mencegah kebangkrutan.

XS
SM
MD
LG