Tautan-tautan Akses

Bush Ingin Mugabe Mundur, Uni Afrika Tolak Tindakan Lebih Keras


Presiden Amerika Goerge Bush jmenyerukan agar Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe mengundurkan diri, namun Uni Afrika menolak tindakan yang lebih tegas terhadap pemimpin yang telah lama berkuasa itu.

Dalam pernyataan hari Selasa, Bush mengatakan sudah saatnya Mugabe untuk mundur. Ia menyerukan agar lebih banyak lagi orang Afrika menuntut diakhirinya pemerintahan "tirani" Mugabe.

Namun juru bicara pimpinan Uni Afrika dan Presiden Tanzania Jakaya Kikwete mengatakan hari ini , hanya dialog dan bukannya tindakan militer yang bisa menyelesaikan kemelut di Zimbabwe.

masalah-masalah itu termasuk perebakan kolera yang telah menewaskan hampir 600 orang, kekurangan pangan, inflasi yang teramat tingggi dan dan kemacetan dalam upaya membentuk pemerintahan baru.

Juru bicara WHO Fadela Chaib mengatakan sangat sulit mendapatkan persediaan obat-obatandan peralatan kesehatan di Zimbabwe.

Menteri penerangan Zimbabwe, Sikhanyiso Ndlovu hari ini bersikukuh situasi kolera di negara itu terkendali. Ia juga menolak seruan para pemimpin dunia agar Mugabe mengundurkan diri, dengan mengatakan ia tidak ingin mendengar "kata-kata dari mulut-mulut kotor mereka"

XS
SM
MD
LG