Tautan-tautan Akses

5 Kontraktor Keamanan AS Dituntut Dalam Penembakan Warga Sipil di Baghdad


Penuntut federal Amerika telah menuntut lima kontraktor keamanan Amerika karena dituduh secara tidak sah menembaki warga sipil di alun-alun Baghdad tahun 2007.

Kelima orang itu, yang bekerja untuk bisnis keamanan Amerika, Blackwater Worldwide, dituduh melakukan pembantain dan pelanggaran penggunaan senjata. Mereka terancam hukuman puluhan tahun kalau terbukti bersalah.

Kejaksaan Amerika mengatakan Senin, di Washington, para terdakwa dituduh menembak kearah warga Irak yang tidak bersenjata disebuah jalan Baghdad, menewaskan 14 orang dan melukai 20 lainnya.

Penguasa Irak mengatakan 17 warga sipil Irak tewas dalam insiden tanggal September 2007 itu. Pejabat Amerika mengatakan, penyelidikan terhadap selisih jumlah korban ini masih berlangsung.

Kelima terdakwa menyerahkan diri kepada pejabat federal hari ini di Utah, dimana salah satu dari mereka tinggal. Pengacara pembela mereka mengatakan mereka tidak bersalah.

Blackwater mengatakan pengawal keamanan ditembaki sementara mereka sedang melindungi sebuah konvoi Departemen Luar Negeri Amerika.


XS
SM
MD
LG