Tautan-tautan Akses

Militer Pakistan Lancarkan Operasi Sasarkan Kelompok Militan Terkait Serangan Mumbai


Pihak militer Pakistan telah melancarkan sebuah operasi yang mensasarkan kelompok militan yang terkait dengan serangan teroris maut bulan lalu di Mumbai.

Sebuah pernyataan militer Senin, memberi konfirmasi pasukan keamanan telah melakukan penahanan, menyusul meningkatnya ketegangan dengan India. Pakistan juga mengusulkan untuk mengirim sebuah delegasi tingkat tinggi ke New Delhi secepatnya, untuk membantu penyelidikan yang sedang berlangsung.

Di Washington, jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika, Sean McCormack mengatakan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari menelpon Menteri Luar Negeri Condoleeza Rice hari ini guna memberitahu tentang penyelenggaraan operasi itu.

McCormack mengatakan Amerika melihat apa yang disebutnya sebagai langkah-langkah positif Pakistan untuk membantu mencari mereka yang bertanggung jawab dalam serangan itu.

Tidak jelas, apakah dalam operasi itu juga termasuk sebuah serangan pada Minggu sore terhadap sebuah kamp militan dekat Muzaffarabad, ibukota wilayah Kashmir yang dikuasai Pakistan.

Saksi mata mengatakan, pasukan Pakistan melakukan serangan terhadap kamp yang dikuasai sebuah organisasi yang dilarang, serta yang dituduh India sebagai penyelenggara serangan ke Mumbai.

XS
SM
MD
LG