Tautan-tautan Akses

Thailand Rayakan Hari Ulang Tahun Rajanya yang Sangat Dihormati


Thailand merayakan hari ulang tahun rajanya yang sangat dihormati, ditengah keprihatinan tentang kesehatannya dan krisis politik di negara itu.

Raja Bhumipol, yang genap berusia 81 tahun hari ini, tadinya dijadwalkan akan menyampaikan pidato radio tahunan pra-ulang tahunnya ke seluruh negara Kamis kemarin dari istana kerajaan di Bangkok. Tetapi anak-anaknya, putra dan putri mahkota, mengatakan kepada pendengar bahwa ayah mereka menderita sakit tenggorokan. Mereka menegaskan penyakit ayahnya tidak serius.

Banyak orang di Thailand menantikan pidato tersebut untuk mendapatkan petunjuk dalam menyelesaikan krisis, yang telah melumpuhkan negara itu. Demonstran anti pemerintah telah mengakhiri demonstrasi-demonstrasi selama lebih enam bulan yang termasuk pendudukan kompleks perkantoran perdana menteri dan bandar-bandar udara utama di Bangkok.

Operasi di bandar udara internasional Suvarnabhumi kembali normal hari ini, dua hari setelah para demonstran mengakhiri pendudukan selama delapan hari. Lebih seperempat juta wisatawan terlantar dalam pendudukan itu.

XS
SM
MD
LG