Tautan-tautan Akses

Raja Thailand Tak Muncul dalam Pidato Tahunan karena Sakit


Raja Thailand Bhumipol Adulyadej tidak muncul hari ini untuk menyampaikan pidato tahunannya karena alasan kesehatan.

Kebanyakan warga Thailand berharap pidato raja itu akan bisa mengakhiri krisis politik berkepanjangan yang telah menggoncang pemerintah Thailand. Raja Thailand itu akan merayakan ulang tahunnya yang ke-81 hari Jumat, dan biasanya ia menyampaikan pidato untuk seluruh rakyat sehari sebelumnya.

Kata Putera Mahkota, Pangeran Vajiralongkorn, ayahnya sedang sakit. Kata sumber lain, Raja Bhumipol sakit kerongkongan dan karenanya hampir tidak bisa makan.

Demonstrasi anti-pemerintah yang melumpuhkan dua bandara penting di Bangkok berakhir hari Rabu dan kata para pejabat operasi dari kedua bandara itu akan pulih hari Jumat.

Mahkamah Konstitusi Thailand telah melarang perdana menteri Somchai Wongsawat untuk melakukan kegiatan politik selama lima tahun. Tiga partai pendukungnya serta pimpinan mereka juga dikenakan larangan yang sama.

Para demonstran yang disponsori oleh Aliansi Rakyat bagi Demokrasi menentang pemerintahan Somchai karena dianggap sebagai kelanjutan pemerintahan PM Thaksin Shinawatra yang digulingkan tentara dalam tahun 2006.

XS
SM
MD
LG