Tautan-tautan Akses

Pemukim Yahudi di Tepi Barat Protes Penggusuran oleh Polisi


Pemukim Yahudi di kota Hebron di Tepi Barat melancarkan demonstrasi rusuh setelah polisi Israel dengan paksa mengusir mereka dari sebuah rumah yang dipersengketakan.

Kata para pejabat dan saksi mata, aksi-aksi kekerasan meluas di berbagai tempat di Tepi Barat, dan sedikitnya tiga orang Palestina kena tembakan, ketika para pemukim dan pendukung mereka turun ke jalan-jalan untuk memprotes pengusiran yang diperintahkan pengadilan itu. Polisi mengatakan, puluhan orang cedera dan beberapa orang ditangkap.

Kata para saksi lagi, pemukim yang marah itu melempari orang-orang Palestina dengan batu dan membakar rumah-rumah serta kebun zaitun mereka.

Aksi kekerasan dimulai hari Kamis setelah ratusan polisi dan tentara Israel menyerbu sebuah rumah bertingkat empat yang diduduki para pemukim itu secara tidak sah sejak tahun lalu.

Kira-kira 200 pemukim Yahudi yang berusaha mempertahankan rumah itu akhirnya berhasil diusir, tapi yang lainnya terpaksa diseret oleh polisi yang menjalankan perintah pengusiran yang dikeluarkan pengadilan tinggi Israel.

XS
SM
MD
LG