Tautan-tautan Akses

Ban Ki-moon Didesak untuk Tekan Birma untuk Bebaskan Suu Kyi


Lebih dari 100 mantan kepala negara dari lebih dari 50 negara mendorong Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon agar menekan rejim militer yang berkuasa di Birma supaya membebaskan ribuan tahanan politik, termasuk pemimpin pro demokrasi Aung San Suu Kyi.

Dalam sepucuk surat yang bertanggal hari ini, para mantan pemimpin itu memuji Ban karena mempertimbangkan akan mengunjungi Birma. Mereka mengatakan kunjungan yang diusulkan itu akan memberi ilustrasi kepada dunia mengenai apakah rejim militer itu sungguh-sungguh tentang melakukan perubahan yang dituntut oleh Dewan Keamanan PBB.

Para bekas pemimpin itu mengatakan Ban harus menuntut pembebasan semua tahanan selambat-lambatnya tanggal 31 Desember, meskipun jika dia tidak mengunjungi Birma. Kalau rejim itu terus menentang badan dunia itu, mereka mendorong Ban agar mendesak Dewan Keamanan supaya mengambil tindakan konkrit lebih jauh.

Diantara kepala-kepala negara yang menandatangani surat itu adalah mantan presiden Jimmy Carter dan mantan presiden George H.W. Bush, ayah Presiden Bush yang sekarang menjabat.

XS
SM
MD
LG