Tautan-tautan Akses

AL dan AU Iran Adakan Latihan Perang di Selat Hormuz


Angkatan laut dan udara Iran sedang mengadakan latihan perang-perangan di Selat Hormuz, dekat pintu masuk ke Teluk Persia.

Kantor berita Iran Fars melaporkan, jet-jet tempur Iran berhasil meluncurkan misil-misil udara-ke-laut untuk menghancurkan sasaran yang sudah ditentukan.

Kata laporan televisi Iran, ini adalah tahap kedua latihan perang-perangan enam hari, dan kawasannya akan diperluas sampai ke teluk Oman di sebelah timur.

Kata para pejabat, 60 pesawat tempur, kapal perusak, kapal selam dan helikopter ikut dalam latihan yang diadakan di kawasan laut seluas 130 ribu km persegi.

Komandan gabungan angkatan darat dan laut Iran, Laksamana Habibulah Sayari mengatakan, angkatan bersenjata Iran siap menghadapi tantangan apapun.

Kendati Iran dikenai tiga sanksi PBB karena program nuklirnya yang dicurigai, Iran belum lama ini berhasil mengadakan ujicoba roket, missil dan pesawat tempur.

Iran berulang kali mengancam akan menutup selat Hormuz apabila menghadapi ancaman karena program nuklirnya itu. Kira-kira 40 persen supplai minyak dunia diangkut lewat selat itu yang memisahkan Iran dan semenanjung Arab.

XS
SM
MD
LG