Tautan-tautan Akses

Salam Fayyad Desak Uni Eropa Tidak Luaskan Kerjasamanya dengan Israel


Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad mendesak Uni Eropa agar tidak meluaskan kerjasamanya dengan Israel karena tidak ada kemajuan dalam komitmen Israel terhadap perjanjian perdamaian.

Fayyad berbicara kepada para diplomat Uni Eropa dalam suatu pertemuan di kota Ramallah, Tepi Barat. Ia mengeluhkan tentang dilanjutkannya aktivitas pembangunan permukiman Israel di Tepi Barat.

Para diplomat Uni Eropa dijadwalkan membahas peningkatan hubungan dengan Israel dalam sidang di Brussel akhir bulan ini.

Peta jalan damai Israel dan Palestina, yang didukung kalangan internasional, menetapkan agar Israel membekukan seluruh kegiatan permukimannya. Sebagian besar masyarakat internasional menganggap permukiman Yahudi di Tepi Barat ilegal. Israel menganggap Tepi Barat sebagai wilayah sengketa dan statusnya harus dirundingkan.

Ketika perundingan perdamaian dimulai kembali tahun lalu, Presiden Amerika George Bush menyatakan berharapan suatu perjanjian perdamaian akan tercapai pada akhir tahun ini. Namun ia telah mengakui bahwa hal tersebut tidak mungkin dicapai.

XS
SM
MD
LG