Tautan-tautan Akses

Laurent Nkunda: Perang akan Pecah di Kongo, Kecuali Ada Pembicaraan Baru


Pemimpin pemberontak utama di Republik Demokrasi Kongo Laurent Nkunda mengatakan akan pecah perang kecuali kalau pemerintah Kongo mengadakan pembicaraan baru dengan dia.

Laurent Nkunda berbicara setelah mengadakan pembicaraan dengan utusan khusus PBB ke Kongo, Olusegun Obasanjo, yang telah berada di Negara itu dalam usaha mengakhiri perang saudara di Kongo timur.

Olusegun Obasanjo , mantan Presiden Nigeria, mengatakan, pembicaran menurut dia telah memajukan usaha perdamaian.

Nkunda mengatakan ia diberitahu oleh Obasanjo bahwa Pemerintah Kongo telah menerima pokok-pokok pembicaraan, tetapi belum menyetujui rinciannya.

Rekaman video mengenai pertemuan itu yang dibuat oleh PBB menunjukkan Olusegun Obasanjo mengecam pemimpin pemberontak itu karena pertempuran baru-baru ini.

Ia mengatakan, ia tidak senang dengan kejadian-kejadian selama dua pekan ini dan mengatakan kepada Nkunda , “Anda membuat saya bahan tertawaan.”

Hari Kamis, pemberontak menduduki kota Ishasha, meskipun sudah berjanji akan mematuhi gencatan senjata.

Pembicaran di kota Jomba yang diduduki pemberontak di Provinsi Kivu utara itu, berlangsung, sementara Perserikatan Bangsa Bangsa melaporklan terjadinya pertempuran baru antara pasukan Nkunda dan kelompok-kelompok bersenjata dekat kota Masisi.

Olusegun Obasanjo hari Jum’at bertemu dengan Presiden Kongo Joseph Kabila di Ibukota Kinshasa.

XS
SM
MD
LG