Tautan-tautan Akses

Dalam Konferensi di Peru 21 Anggota APEC Komit Pulihkan Perekonomian Global


Para pemimpin dari negara-negara di kawasan Pasifik hari Sabtu berjanji akan menahan diri selama setahun untuk tidak menetapkan hambatan bagi perdagangan internasional.

Sejumlah 21 pemimpin negara anggota forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik APEC yang mengikuti konferensi di Lima, Peru, menyatakan komitmen itu dengan harapan dapat memulihkan perekonomian global.

Dalam pidato sebelumnya hari Sabtu, Presiden Amerika Serikat George Bush mengatakan negara-negara harus bekerjasama untuk membuka pasar dan menghilangkan hambatan perdagangan guna meredakan krisis ekonomi global.

Presiden Amerika itu mengatakan tiga kekuatan besar bagi pertumbuhan ekonomi adalah pasar bebas, perdagangan bebas dan rakyat yang bebas, sebagaimana telah dibuktikan oleh Negara-negara Asia-Pasifik..

Ia menekankan pentingnya menuntaskan perjanjian perdagangan bebas global, yang tercakup dalam perundingan Organisasi Perdagangan Sedunia putaran Doha.

Sabtu, Bush juga mengadakan pertemuan dengan presiden Rusia Dimitri Medvedev. Ini merupakan pertemuan pertama mereka setelah invasi Rusia ke Georgia pada bulan Agustus lalu. Bush mengatakan kedua negara memiliki kesepakatan dan juga ketidaksepakatan, namun sebisa mungkin akan terus bekerja sama.

XS
SM
MD
LG