Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Negara Industri dan Berkembang Berkumpul di Washington


Para pemimpin negara industri dan sedang berkembang hari Sabtu berkumpul di Washington. Mereka menyepakati sekumpulan prinsip untuk membuat pasar finansial tetap terbuka dan mencegah melemahnya perekonomian di masa mendatang.

Para pemimpin negara-negara yang tergabung dalam G-20 itu memutuskan akan mengambil langkah apa pun yang diperlukan untuk menstabilkan sistem finansial. Mereka berjanji akan memperkuat regulasi pasar uang dan berkomitmen untuk melindungi pasar uang dengan meningkatkan proteksi terhadap investor dan konsumen.

Pernyataan bersama yang dikeluarkan usai pertemuan itu meminta masing-masing negara agar memberlakukan paket stimulus perekonomian guna meningkatkan belanja konsumen.

Akan tetapi deklarasi itu juga menekankan mengenai pentingnya kerjasama internasional, seraya menyerukan saling berbagi informasi yang lebih luas. Deklarasi juga mengusulkan modernisasi Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia, dan menyatakan kedua lembaga tersebut harus memberikan perwakilan lebih baik bagi negara-negara berkembang. Pernyataan itu meminta IMF dan lembaga-lembaga keuangan lainnya agar mulai melaksanakan proposal tersebut sebelum tanggal 31 Maret.

Saat berbicara kepada para wartawan setelah pertemuan berakhir, Presiden Amerika George Bush mengatakan KTT darurat itu “sangat sukses.”

XS
SM
MD
LG