Tautan-tautan Akses

Partai Nasional Pimpinan John Key Menangkan Pemilu Selandia Baru


Perdana Menteri terpilih Selandia Baru John Key mengatakan, rakyat Selandia Baru memberikan suara bagi perubahan dalam pemilihan hari Sabtu yang memungkinkan Partai Nasional kanan-tengah berkuasa.

Partai pimpinan John Key memenangkan 45 persen suara, yang berarti 59 dari 122 kursi dalam Parlemen. Dengan dukungan dari partai-partai sekutunya, Partai Nasional memiliki cukup kursi untuk menguasai mayoritas.

John Key berkampanye dengan janji akan mengadakan perubahan, memanfaatkan keprihatinan pemilih mengenai resesi ekonomi Selandia Baru.

Berbicara kepada para pendukungnya sesudah pemilihan, dia mengatakan, mereka telah memberikan suara bagi apa yang disebutnya – Selandia Baru yang lebih aman, lebih makmur dan lebih bersemangat. Kata John Key, krisis keuangan global mungkin menyebabkan jalan sulit ke depan dan berjanji akan berjuang bagi persatuan nasional.

Perdana Menteri Helen Clark telah mengaku kalah dan menyatakan akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Buruh kiri-tengah.

Partai Buruh yang berusaha untuk berkuasa bagi masa jabatan 3 tahun yang ke-4, hanya memperoleh 34 persen suara, dan sekarang memiliki 43 kursi.

XS
SM
MD
LG