Tautan-tautan Akses

Delegasi Tiongkok Selesaikan Kunjungan 5 Hari Bersejarah di Taiwan


Delegasi Tiongkok telah menyelesaikan kunjungan 5 hari yang bersejarah di Taiwan dimana para utusan dari Beijing menanda-tangani persetujuan bersejarah dan menghadapi protes keras.

Sebelum dia terbang kembali ke Beijing hari ini, utusan Tiongkok Chen Yunlin mengatakan bahwa jalan menuju perbaikan hubungan antara Tiongkok dan Taiwan akan panjang. Tetapi, ia mengatakan kedua pihak dapat saling membantu.

Dalam pertemuan 5 menitnya dengan Chen hari Kamis, Presiden Taiwan Ma Ying-jeou menekankan bahwa kedua pihak masih mempunyai perbedaan pandangan mengenai keamanan dan status internasional Taiwan.

Tetapi, Ma juga menyatakan penghargaan atas persetujuan bersejarah yang ditanda-tangani Chen dengan utusan Taiwan sebelumnya pekan ini. Persetujuan itu membuka lebih jauh hubungan angkutan antara pulau itu dan Tiongkok.

Ribuan demonstran pro-demokrasi berhadapan dengan polisi di luar tempat pertemuan, walaupun para pejabat berusaha menghindari demonstran dengan mengadakan pembicaraan 5 jam sebelum jadwalnya.

XS
SM
MD
LG