Tautan-tautan Akses

Obama Pilih Kepala Staf Gedung Putih, Siap Tunjuk Menteri Keuangan


Bakal-presiden Barack Obama diperkirakan akan menetapkan pilihannya untuk menteri Keuangan, sekitar 10 pekan sebelum mengambilalih jabatan dan mewarisi krisis ekonomi terburuk Amerika sejak Depresi Besar.

Para pembantu mengatakan Obama akan bertemu hari Jumat dengan tim ekonomi-nya dan melangsungkan konferensi pers pertama sejak memenangkan pemilihan presiden.

Presiden George Bush akan bertemu dengan Obama hari Senin di Washington untuk membicarakan pengalihan kekuasaan. Dalam pertemuan dengan stafnya di Gedung Putih Presiden Bush mengatakan pengalihan yang mulus menjadi prioritasnya.

Orang yang dipilih Obama sebagai kepala staf Gedung Putih, Rahm Emmanuel setuju menerima tugas itu hari ini. Emmanuel adalah anggota Kongres Illinois yang menjabat di bawah mantan Presiden Bill Clinton.

Sumber-sumber yang dekat pada tim transisi Obama mengatakan daftar singkat untuk menteri Keuangan meliputi empat orang. Timothy Geithner, kepala Federal Reserve Bank New York, Lawrence Summer yang menjabat sebagai menteri Keuangan di masa Presiden Clinton, Paul Volcker mantan Kepala Bank Sentral Amerika dan Gubernur Jon Corzine, mantan eksekutif bank investasi Goldman Sach.

XS
SM
MD
LG