Tautan-tautan Akses

Hamid Karzai Desak Obama Hentikan Serangan AS Atas Warga Sipil Afghanistan


Presiden Afghanistan Hamid Karzai telah menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden terpilih Amerika Barack Obama atas kemenangannya tetapi mendesak Obama agar menjadikan penghentian kematian warga sipil di Afghanistan sebagai prioritasnya ketika dia mulai menjabat sebagai presiden.

Permohonan Karzai hari Rabu disampaikan setelah warga di propinsi Kandahar, Afghanistan selatan, mengatakan serangan udara internasional menewaskan sekitar 40 warga sipil yang menghadiri pesta perkawinan.

Warga propinsi Kandahar mengatakan pesawat-pesawat tempur Amerika membom desa mereka tidak lama setelah militan Taliban melepaskan tembakan ke arah tentara yang dipimpin Amerika di daerah itu, tetapi pesawat-pesawat tersebut menghantam sebuah kompleks perumahan dimana warga desa tengah menghadiri pesta perkawinan.

Karzai mengutuk pemboman itu, yang katanya juga melukai 28 orang lain. Dia menekankan bahwa serangan udara tidak bisa memenangkan perang melawan terorisme.

Militer Amerika mengatakan pasukan Amerika di Afghanistan dan Departemen Dalam Negeri Afghanistan telah mulai melakukan penyelidikan terhadap tewasnya warga sipil di desa Wech Baghtu itu

XS
SM
MD
LG