Tautan-tautan Akses

Tokoh-Tokoh Dunia Sampaikan Ucapan Selamat kepada Barack Obama


Tokoh-tokoh dunia menyampaikan ucapan selamat kepada Barack Obama atas kemenangannya dalam pemilihan presiden kemarin.

Salah satu pengecam keras kebijakan pemerintah Amerika, Presiden Rusia Dimitri Medvedev berharap ia akan bisa mengadakan dialog yang konstruktif dengan Obama. Ketika berbicara dalam pidato ke seluruh Rusia, Medvedev menyalahkan Amerika atas krisis keuangan global yang terjadi dan atas perang singkat di Georgia.

Ketua komisi Eropa, Jose Manuel Barroso mendesak Obama agar bergabung dengan Eropa untuk menanggulangi krisis itu, dan PM Inggris Gordon Brown menyebut Obama sebagai kawan Inggris yang sejati.

Tapi Menlu Irak Hosyar Zebari mengatakan ia berharap Barack Obama tidak akan buru-buru menarik pasukan Amerika ataupun membuat perubahan politik LN Amerika yang tiba-tiba.

Pemimpin kulit hitam yang pertama di Afrika selatan, Nelson Mandela mendesak Obama supaya berjuang melawan kemiskinan dan penyakit di seluruh dunia.

Bagi banyak orang diluar Amerika, kemenangan Barack Obama diharapkan akan mengubah ideologi yang dijalankan oleh Presiden Bush, yang menimbulkan kemarahan besar karena perang di Irak dan pelanggaran-pelanggaran hak asasi.

XS
SM
MD
LG