Tautan-tautan Akses

Tiongkok dan Taiwan Lakukan Pembicaraan Bersejarah di Taipei


Tiongkok dan Taiwan sudah memulai pembicaraan bersejarah di Taipei yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan ekonomi antara kedua saingan lama itu.

Utusan Tiongkok dan Taiwan menanda-tangani persetujuan Senin malam yang akan melipat-tigakan penerbangan pesawat penumpang menjadi 108 per minggu. Kedua pihak diperkirakan akan menanda-tangani 3 persetujuan tambahan hari ini.

Pembicaraan hari ini diperkirakan akan mencari cara untuk melawan krisis keuangan global, dan membuka hubungan angkutan kapal barang.

Delegasi Tiongkok dipimpin oleh Chen Yunlin – pejabat paling tinggi Tiongkok yang berkunjung ke pulau itu sejak kedua pihak terpecah dalam perang saudara tahun 1949. Para penganjur kemerdekaan menyambut kedatangan delegasi Tiongkok yang beranggotakan 60 itu hari Senin dengan protes.

Dalam jamuan makan Senin malam, Chen Yunlin mengatakan kepada wartawan bahwa ia telah melihat dan mendengar suara-suara oposisi. Chen menambahkan bahwa perselisihan adalah normal dan mengatakan ia yakin para penentang kelak akan berubah pikiran.

XS
SM
MD
LG