Tautan-tautan Akses

Saham di Eropa Dibuka Lebih Tinggi Setelah Kenaikan di Tokyo dan Hongkong


Harga-harga saham di Eropa dibuka lebih tinggi hari ini, menyusul kenaikan di Tokyo dan Hongkong.

Harga-harga saham di London dan Paris naik kira-kira tiga persen, sementara di Frankfurt harga-harga saham naik lebih empat persen. Indeks Nikkei di Tokyo ditutup naik lebih enam persen, dan indeks Hang Seng di Hongkong ditutup naik lebih 14 persen karena harga-harga saham yang murah, setelah mengalami penurunan selama seminggu, mendatangkan pembeli.

Para pemimpin Eropa meningkatkan usaha mereka untuk menstabilkan pasar keuangan yang mengalami kesulitan. Perdana Menteri Inggris Gordon Brown pergi ke Paris hari ini untuk bertemu dengan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy. Kanselir Jerman, Angela Merkel, akan bertemu hari Kamis di London dengan Brown.

Di Amerika Serikat, ada seruan yang meningkat supaya peraturan instrumen keuangan yang disebut “derivatives” diperketat yang menjadi pangkal krisis sekarang ini. Mantan ketua bursa efek New York, Richard Grasso, dan mantan pimpinan bank sentral, Alan Greenspan, mengatakan hari Senin pendapat bahwa pasar dapat mengatur diri-sendiri sudah ternyata keliru.

XS
SM
MD
LG