Tautan-tautan Akses

IAEA Belum Bisa Pastikan Kegiatan Nuklir Rahasia Iran


Kepala Badan Tenaga Nuklir Internasional (IAEA) Mohammed el-Baradei mengatakan badan itu masih belum dapat memastikan apakah Iran melakukan kegiatan nuklir rahasia. Hal ini dikemukakannya kepada Majelis Umum PBB hari Senin sambil mengatakan bahwa Iran harus berbuat lebih banyak untuk memastikan adanya transparansi di pihaknya.

Duta Besar Iran, Mohammad Kharzaee mengatakan kepada Majelis bahwa tuntutan Dewan Keamanan agar Iran berhenti memperkaya uranium bertentangan dengan hukum.

Negara-negara Barat takut Iran memperkaya uranium untuk membuat senjata nuklir. Iran menegaskan program nuklirnya semata-mata untuk tujuan damai seperti membangkit listerik.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika di Washington mengatakan hari Senin adalah demi kepentingan Russia untuk tetap bekerjasama dengan Dewan Keamanan PBB dalam membendung ambisi nuklir Iran. Russia mengancam hendak mengurangi kerjasama dalam soal Iran karena Amerika mengenakan sanksi non profilerasi terhadap perusahaan negara Russia eksportir senjata.

XS
SM
MD
LG