Tautan-tautan Akses

Pasukan Georgia dan Ossetia Selatan Baku Tembak


Tembak menembak dilaporkan memicu ketegangan baru antara Georgia dan Ossetia Selatan. Para pejabat Ossetia Selatan mengatakan mereka telah memerintahkan polisi untuk membalas tembakan, jika pasukan Georgia di sekitar sana mulai melepaskan tembakan.

Sebelumnya hari Sabtu, para pejabat menuduh pasukan Georgia menembaki sebuah pos keamanan Osetia Selatan di dekat desa Nikozi, Georgia, meski mereka mengatakan tidak seorang pun terbunuh atau cedera.

Para pejabat Georgia membantah tuduhan tersebut. Mereka menyatakan tembakan itu berasal dari sejumlah tentara Rusia yang mabuk, yang melepaskan tembakan ke udara.

Sebuah kapal perang Amerika, USS Barry, baru-baru ini tiba di pelabuhan Poti, di Laut Hitam, Georgia. Kedutaan besar Amerika di Tbilisi menyatakan kapal perusak itu sedang melakukan kunjungan rutin, dan tidak membawa bantuan kemanusiaan.

Sementara itu, menteri luar negeri Spanyol Miguel Moratinos mengatakan negaranya akan mendukung hubungan lebih erat antara Georgia dan Uni Eropa, serta upaya Georgia menjadi anggota NATO.

Spanyol akan mendapat giliran sebagai presiden Uni Eropa pada tahun 2010.

XS
SM
MD
LG