Tautan-tautan Akses

Syria Buka Hubungan Diplomatik dengan Libanon


Syria telah membuka hubungan diplomatik dengan negara tetangganya Libanon. Sebuah dekrit yang menyerukan pembukaan kedutaan besar Syria di Beirut diumumkan hari Selasa oleh kantor berita Syria.

Presiden Bashar al-Assad dan Presiden Libanon Michel Suleiman sepakat untuk menjalin hubungan bulan Juli lalu saat pembicaraan dengan Presiden Perancis Nicholas Sarkozy.

Politisi anti syria di Libanon sejak lama menyerukan pada Syria untuk membuka hubungan diplomatik sebagai bukti Syria mengakui kedaulatan Libanon.

Amerika menyambut baik tindakan tersebut, namun menambahkan kedua negara masih harus mencapai kesepakatan mengenai perbatasan.

Syria tidak pernah mengakui Libanon secara formal, setelah keduanya memperoleh kemerdekaan dari Perancis tahun 1943 dan Syria sejak lama mendominasi politik di Libanon.

Professor Hilal Kashan, pengamat politik dari American University di Beirut, mengatakan seruan pembentukan kedutaan itu tidak banyak maknanya, karena bagi orang Syria ini tidak lebih hanyalah taktik.

XS
SM
MD
LG