Tautan-tautan Akses

AS Keluarkan Korut dari Daftar Negara Sponsor Terorisme


Amerika Serikat hari Sabtu mengeluarkan Korea Utara dari daftar negara yang mensponsori terorisme, sebagai imbalan atas rencana verifikasi yang memungkinkan Amerika dan pihak-pihak lain memantau perlucutan nuklir negara komunis tersebut.

Departemen Luar Negeri Amerika mengumumkan rincian perjanjian ini hari Sabtu pagi, menyusul diskusi intensif seharian antara Amerika dan negara-negara lain yang terlibat dalam perundingan enam pihak.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Sean McCormak mengatakan

Menteri Luar Negeri pagi ini menganulir penetapan Korea Utara sebagai negara sponsor terorisme, dan ini efektif berlaku dengan penandatanganannya. Korea Utara telah menyatakan akan mulai melumpuhkan fasilitas-fasilitas nuklirnya. Ini menunjukkan bahwa prinsip enam pihak, mengenai aksi dibalas dengan aksi, berhasil.

Kata McCormack, Amerika memperoleh apapun yang diinginkannya berkaitan dengan verifikasi perlucutan nuklir Korea Utara. Berdasarkan ketentuan dalam perjanjian yang baru, Korea Utara akan mengizinkan pemantauan terhadap fasilitas pemrosesan plutonium dan uranium, serta apapun kegiatan proliferasi nuklirnya.

Para pakar dari enam negara yang terlibat dalam kesepakatan itu dan Badan Energi Atom Internasional, IAEA, akan diizinkan berpartisipasi dalam kegiatan verifikasi.

XS
SM
MD
LG