Tautan-tautan Akses

Harga Minyak Turun di Kisaran 80 Dolar Per Barel


Kekawatiran bahwa krisis keuangan dunia kian buruk telah menyebabkan harga minyak anjlok pada kisaran 80 dolar per barel. Harga minyak mentah berjangka sempat turun lebih dari 7 dolar, menjadi 79 dolar 57 sen per barel dalam perdagangan pagi hari di New York sebelum perlahan naik kembali.

Untuk minggu ini harga minyak turun lebih dari 15 persen dan telah turun lebih dari 45 persen sejak mencapai rekor tertinggi lebih dari 147 dolar per barel pada bulan Juli.

Jatuhnya harga minyak terjadi setelah Badan Energi Internasional (IEA) kembali menurunkan prospek permintaan minyak dunia. Menurut IEA, permintaan minyak akan naik setengah persen, sementara krisis keuangan terus mengerogoti kesehatan perekonomian global. Pejabat IEA juga memperingatkan bahwa ketatnya pasar kredit akan merugikan produksi minyak, dengan membatasi investasi untuk infrastruktur yang dibutuhkan.

Sementara itu, indeks pasar saham Amerika jatuh sampai 6 persen dalam beberapa menit setelah dibuka hari Jumat ini, sementara para investor cemas akan terhambatnya pasar kredit dan kemungkinan resesi.

Tapi dalam sesi perdagangan yang marak, kerugian menipis dan sebagian berbalik mendapat kenaikan dalam jam pertama. Harga saham terus naik turun.

Harga saham Eropa turun tajam pada perdagangan tengah hari Jumat ini. Indeks Financial Times London merosot 311 poin, atau tujuh persen, menjadi 4.002. CAC-40 di Paris turun 265 poin, atau lebih dari tujuh setengah persen, menjadi 3 ribu 177, dan indeks DAX di Frankfurt turun 296 poin, atau delapan persen, menjadi empat ribu 491.

Di New York, indeks bursa berjangka S&P turun 22 poin, yang mengisyaratkan pembukaan yang lebih rendah lagi bagi harga saham Amerika. Indeks Nikkei di Tokyo merosot 881 poin, lebih dari sembilan setengah persen, ditutup menjadi 8 ribu 276, ini adalah penurunan terbesar sejak krisis bursa saham tahun 1987.

Indeks Hang Seng di Hongkong turun 11 ribu 46 poin, atau tujuh persen, dan di akhir perdagangan ditutup pada 14 ribu 797.

Harga emas turun lebih dari 12 dolar menjadi 900 dolar 77 sen per ons.

Dolar Amerika lebih rendah terhadap Yen tapi menguat terhadap Euro.

XS
SM
MD
LG