Tautan-tautan Akses

Korut Larang Petugas IAEA di Kompleks Nuklirnya


Kata Amerika, larangan Korea Utara yang dikenakan pada tim pemeriksa nuklir PBB adalah tindakan yang disesalkan tapi masih bisa dicabut lagi. Ini dikatakan oleh jurubicara Departemen LN Amerika.

Kata badan tenaga atom internasional IAEA hari Kamis, Korea utara telah melarang semua kegiatan petugas badan tenaga atom di kompleks nuklir Yongbyon.

Kata pernyataan tadi, Korea utara, juga tidak lagi mengizinkan petugas IAEA untuk memantau atau memverifikasi kegiatan nuklirnya.

Korea utara bulan lalu melarang petugas IAEA masuk ke bagian-bagian tertentu kompleks nuklir itu setelah mengumumkan bahwa kegiatan nuklir untuk membuat senjata akan segera dimulai.

Korea utara bulan Agustus menghentikan pembongkaran pusat reaktor Yongbyon karena Amerika tidak mau mencabut korea utara dari daftar negara pendukung kegiatan teror.

Amerika mengatakan akan mencabut korea utara dari daftar itu apabila mau menanda-tangani program verifikasi tentang kegiatan nuklirnya.

Kata laporan Korea Selatan, Korea Utara sedang menyiapkan peluncuran misil-misil jarak dekat, setelah mengadakan percobaan serupa permulaan minggu ini.

XS
SM
MD
LG