Tautan-tautan Akses

Deplu AS: Korut Lanjutkan Langkah Mulai Kembali Program Nuklir


Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan, Korea utara belum menghentikan upaya untuk mengaktifkan kembali program nuklir Negara itu meski ada usaha diplomatik terabaru untuk menghidupkan kembali kesepakatan untuk melucuti program nuklir negara itu.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Robert Wood hari ini mengatakan Pyongyang terus melanjutkan beberapa langkah untuk membatalkan pelumpuhan fasilitas nuklirnya di Yongbyon.

Menurut Wood, konfirmasi terbaru mengenai aktivitas nuklir Korea Utara diterima Kamis malam sewaktu kunjungan utusan Amerika Christopher Hill ke Pyongyang. Sekembali dari kunjungan tiga-hari itu Hill mengatakan dia telah melakukan pembicaraan “panjang “ dan “substantif” dengan mitranya dari Korea Utara, Kim Kye Kwan.

Tetapi dia menolak mengatakan apakah tercapai kemajuan nyata mengenai isu prosedur inspeksi nuklir. Negara komunis itu mulai membalikkan proses perlucutan fasilitas nuklirnya setalah Washington enggan mengeluarkan negara itu dari daftar negara yang mensponsori terorisme.

XS
SM
MD
LG