Tautan-tautan Akses

Bush: Kehancuran Ekonomi akan Lama Jika Bail Out Gagal


Presiden George Bush mengatakan perjuangan untuk mengesahkan bantuan pemerintah dalam jumlah besar bagi sektor keuangan yang bermasalah belum berakhir. Ia memperingatkan kehancuran ekonomi akan menyakitkan dan berlangsung lama, jika rencana bantuan pemerintah atau bail out tidak disetujui.

Program bernilai 700 milyar dolar yang diajukan Presiden Bush ditolak DPR hari Senin sehingga menyebabkan harga-harga saham Amerika anjlok.

Berpidato sebelum pembukaan pasar saham Amerika hari Selasa, Bush mengatakan "negara berada dalam situasi genting dan keadaannya akan semakin buruk , jika kita tidak bertindak.

Ia mengatakan para pejabat tinggi pemerintah sedang bekerja sama dengan Kongres untuk membuat peraturan yang bisa disetujui semua pihak. Pejabat senior partai Demokrat dan Republik dalam Senat hari ini menjanjikan tindakan cepat untuk menyetujui RUU bail out itu.

Para pengecam rencana itu mengecam biaya 700 milyar dolar yang besar itu. Namun Bush mengatakan kerugian pasar saham hari Senin saja lebih dari 1 trilyun dolar.

Tapi Pasar saham bergerak sangat berbeda hari ini ketika saham-saham utama Amerika sempat naik lebih dari 3 % . Saham-saham penting Eropa (London, Paris and Frankfurt) juga naik setelah sempat turun pada awal perdagangan.

XS
SM
MD
LG