Tautan-tautan Akses

Iran Terhindar dari Sansksi Baru di Dewan Keamanan


Dewan Keamanan PBB telah mensahkan sebuah resolusi yang memerintahkan Iran agar menghentikan program pengayaan uraniumnya – namun Dewan tidak mengenakan sanksi baru apapun.

Ke 15 anggota Dewan memberikan suara bulat hari Sabtu untuk menyetujui langkah yang menegaskan kembali sanksi sebelumnya terhadap Iran. Resolusi itu juga menyerukan agar Iran bekerjasama penuh dengan Badan Tenaga Atom Internasional, yang melakukan investigasi apakah Iran telah melakukan riset mengenai senjata nuklir.

Resolusi itu menawarkan kepada Iran pilihan insentif untuk menghentikan pengayaan uranium atau menghadapi ancaman dengan lebih banyak sanksi. Utusan Iran di PBB menyebut resolusi itu patut disayangkan dan tidak berdasar.

Resolusi diajukan ke pemungutan suara dalam sidang istimewa hari Sabtu setelah dilakukan beberapa amandemen atas permintaan anggota tidak-tetap Indonesia.

Dutabesar Marty Natalegawa mengatakan delegasinya tidak dapat memberikan suara bagi resolusi itu seandainya memberlakukan sanksi baru. Katanya Indonesia mendukung teguh upaya penyelesaian lewat perundingan bagi persoalan itu.

XS
SM
MD
LG