Tautan-tautan Akses

Bajak Laut Somalia Rompak satu Kapal Lagi


Para pejabat kelautan mengatakan bajaklaut Somalia merompak sebuah kapal tangki Yunani beserta awaknya di Teluk Aden. Sembilanbelas awak kapal adalah warga Rumania.

Hari Kamis bajaklaut Somalia merampas sebuah kapal Ukraina yang mengangkut 33 tank T-72 buatan Rusia beserta amunisi dan suku cadang bagi kendaraan lapisbaja itu.

Pihak perompak menuntut uang tebusan 35 juta dollar bagi pembebasan kapal “Faina” beserta 21 awaknya. Kapal itu dalam perjalanan ke Kenya sewaktu dirompak di Teluk Aden.

Perdana Menteri Ethiopia mengatakan di PBB hari Sabtu bahwa dia sangat prihatin atas meningkatnya perompakan di lepas pantai Somalia dan dia mendesak komunitas internasional menangani masalah itu.

Hari Jumat Angkatan Laut Rusia mengatakan mengirim sebuah kapal perang ke pesisir Somalia.

Sementara itu pihak berwenang mengatakan hari Sabtu bahwa bajaklaut Somalia membebaskan kapal-kapal dari Mesir, Malaysia dan Jepang bersama awaknya.

Para pejabat mengatakan Jepang dan Malaysia masing-masing membayar uang tebusan dua juta dollar. Tidak jelas apakah Mesir juga membayar uang tebusan bagi pembebasan kapalnya.

XS
SM
MD
LG