Tautan-tautan Akses

Bush Janjikan Kesepakatan Proposal  Penyelamatan


Presiden George Bush mengatakan pihak Demokrat dan Republik akan mencapai kesepakatan mengenai rancangan untuk menyelamatkan industri jasa keuangan yang mendapat kesulitan.

Dalam sebuah pernyataan yang ditayangkan televisi hari ini, Bush mengakui masih ada ketidaksepakatan. Tetapi katanya, tidak ada ke-tidakkesepakatan bahwa “sesuatu yang substansial harus dilakukan”.

Perundingan gagal hari Kamis sewaktu pihak Republik di Dewan Perwakilan Rakyat keberatan terhadap biayanya dan cara yang akan mengizinkan pemerintah mencampuri dunia usaha swasta. Mereka menawarkan cara alternatif untuk mengatasi masalah itu.

Hari ini ketua mayoritas di Senat Harry Reid mengatakan perundingan akan berlanjut sampai tercapai kesepakatan.

Pemerintahan Bush sudah mengajukan proposal biaya 700 milyar dollar untuk memulihkan kepercayaan investor dan peminjam agar perekonomian dapat berkembang lagi.

Rencana penyelamatan itu akan mengizinkan pemerintah membeli aset-aset yang mengalami kemerosotan nilai dari institusi keuangan yang mendapat kesulitan. Investasi buruk ini telah menyebabkan bank-bank enggan meminjamkan dana kepada dunia usaha dan konsumen. Kekurangan kredit mengancam dapat memacetkan perekonomian.

XS
SM
MD
LG