Tautan-tautan Akses

Koalisi Yang Memerintah Malaysia Tangguhkan Pemilihan Pemimpin


Partai yang berkuasa di Malaysia telah menangguhkan pemilihan pemimpinnya, yang menimbulkan dugaan Perdana Menteri Abdullah Ahmad Badawi akan mundur sebelum pengalihan yang direncanakan kepada deputinya.

Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) menyelenggarakan pertemuan darurat di Kualalumpur hari ini sementara seruan semakin keras agar Abdullah mundur sebelum tahun 2010, saat dia direncanakan akan menyerahkan kekuasaan kepada Deputi Perdana Menteri Najib Razak.

Dalam pertemuan hari ini koalisi itu sepakat mengundurkan pemilihan pemimpin dari bulan Desember ke bulan Maret tahun depan. Menurut Abdullah penangguhan itu adalah “untuk mem-fasilitasi pangalihan lebih awal”.

Perdana menteri itu telah diserang sejak koalisi yang berkuasa kehilangan mayoritas dua-pertiga kursi yang sudah beberapa puluh tahun, dalam pemilu parlemen bulan Maret. Hasil itu telah menyebabkan tokoh oposisi Anwar Ibrahim berusaha menarik cukup banyak anggota partai itu untuk membelot ke koalisi tiga-partainya untuk menggulingkan pemerintah.

XS
SM
MD
LG