Tautan-tautan Akses

Mugabe Himbau PBB agar Cabut Sanksi Terhadap Zimbabwe


Presiden Zimbabwe Robert Mugabe menghimbau kepada para anggota PBB agar mencabut apa yang disebutnya “sanksi yang tidak syah” terhadap negaranya sekarang karena persetujuan pembagian kekuasaan dengan oposisi telah dicapai.

Mugabe mengatakan di hadapan Majelis Umum PBB hari Kamis bahwa pengakhiran sanksi dibutuhkan supaya ia dapat memusatkan perhatian untuk memajukan ekonomi Zimbabwe. Beberapa negara Barat, termasuk Amerika Serikat dan Inggris, telah mengenakan sanksi terhadap para pemimpin Zimbabwe karena pelanggaran hak azasi dan tidak adanya demokrasi. Bantuan kemanusiaan terus diberikan kepada Zimbabwe.

Pembicara lain di hadapan majelis umum PBB adalah Presiden Irak Jalal Talabani. Ia meminta kepada masyarakat internasional agar mendukung Irak dalam perlawanannya terhadap terorisme dan kekerasan. Talabani mengatakan terorisme adalah bahaya yang buta yang mengancam siapapun.

Disamping itu, Perdana Menteri Kuwait menyebut kenaikan harga minyak belakangan ini tidak dapat dibenarkan dan bahwa produsen minyak tidak menguasai keadaan tersebut. Ia menuduh spekulator, pajak, dan kurangnya sarana penyulingan baru sebagai penyebab kenaikan harga itu.

XS
SM
MD
LG