Tautan-tautan Akses

Partai Abdullah yang Berkuasa, UMNO, Adakan Rapat Darurat di Kuala Lumpur


Partai yang berkuasa di Malaysia telah menangguhkan pemilihan pemimpinnya, yang menimbulkan spekulasi bahwa Perdana Menteri Abdullah Ahmad Badawi akan meletakkan jabatan sebelum transisi yang direncanakan ke wakilnya.

Partai Abdullah yang berkuasa, UMNO, mengadakan rapat darurat di Kuala Lumpur hari ini karena meningkatnya seruan akan peletakan jabatannya sebelum tahun 2010, ketika ia dijadwalkan untuk menyerahkan kekuasaan kepada Wakil Perdana Menteri Najib Razak.

UMNO sepakat dalam rapat hari ini untuk menangguhkan pemilihan pemimpin partai itu dari bulan Desember ke Maret tahun depan. Abdullah mengatakan langkah itu diambil untuk membantu transisi yang lebih cepat.

Perdana Menteri itu telah mendapat kecaman sejak koalisi yang berkuasa kehilangan mayoritas dua-per-tiga dalam parlemen bulan Maret. Hasil tersebut mendorong tokoh oposisi Anwar Ibrahim untuk menarik cukup para anggota parlemen dari koalisi yang berkuasa untuk beralih ke koalisi 3-partainya dan kemudian menggulingkan pemerintah.

XS
SM
MD
LG