Tautan-tautan Akses

McCain Desak Dibentuk Dewan Pengawas bagi Rencana Penyelamatan Ekonomi AS


Calon presiden Amerika dari Partai Republik, John McCain mengatakan ia menghendaki suatu dewan pengawas tingkat tinggi untuk mengawasi rencana penyelamatan yang dicanangkan Gedung Putih terhadap bank-bank Amerika.

Berbicara dalam yang disebut town hall meeting di Pennsylvania hari Senin ia mengatakan ia tidak setuju kalau wewenang mengambil keputusan mengenai miliaran dolar yang disebut dalam rencana itu dipercayakan pada satu orang saja yaitu Menteri Keuangan Henry Paulson.

McCain juga mengulangi penegasannya bahwa tidak boleh ada kepala eksekutif dari perusahaan yang diselamatkan diberi bayaran melebihi yang diterima pejabat pemerintah Federal yang terbesar gajinya.

Sementara hari Minggu calon presiden dari Partai Demokrat Barack Obama mengatakan, dukungan McCain di masa lalu dalam mendiregulasi lembaga-lembaga keuangan mempunyai peranan dalam menciptakan krisis ekonomi sekarang.

Sebagaimana McCain, Obama menganjurkan pembentukan sistem pengawasan untuk memantau pengucuran 700 miliar dolar yang diminta pemerintahan Bush dalam melakukan penyelamatan itu.

XS
SM
MD
LG