Tautan-tautan Akses

Koalisi Hentikan Operasi di Afghanistan untuk Peringati Hari Perdamaian PBB


Pasukan Internasional dan Pasukan Afganistan telah sepakat untuk menghentikan operasi militer hari Minggu tanggal 21 September, untuk memperingati Hari Perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa.

Dalam pernyataannya, NATO mengatakan, pasukannya tidak akan terlibat dalam operasi tempur selama 24 jam, mulai Sabtu tengah malam.

Tetapi NATO menyatakan tentaranya akan terus menjaga personel dan instalasi-instalasi, dengan mengatakan NATO akan mempertahankan diri dan rakyat Afganistan dari serangan musuh Afganistan.

Pernyataan itu dikeluarkan setelah ada pernyataan serupa oleh Presiden Afganistan Hamid Karzai Jumat kemarin, yang mengatakan bahwa tentara Afganistan tidak akan menyerang, kecuali kalau diserang lebih dahulu.

Jurubicara Taleban hari Sabtu mengatakan kepada wartawan bahwa kelompok Islamis radikal mendukung gagasan Hari Perdamaian itu dan bahwa Taleban berusaha membebaskan Afganistan dari serbuan pihak Barat .

Jurubicara PBB Adrian Edwards mengatakan, Hari Perdamaian itu merupakan hari tidak berpolitik dan bahwa PBB menyambut baik semua pernyataan dukungan.

XS
SM
MD
LG