Tautan-tautan Akses

McCain, Obama Akan Lakukan Reformasi Finansial untuk Cegah Kegagalan Perbankan


Kandidat presiden dari Partai Republik, John McCain mengatakan dia senang bank Amerika Lehman Brothers tidak dibantu dengan dolar pembayar pajak.

McCain mengeluarkan pernyataan itu Senin ini setelah Lehman Brothers mengumumkan sedang mengajukan kebangkrutan. Katanya tekanan pada Lehman Brothers adalah peringatan terbaru akan tidak efektifnya peraturan dan pengelolaan sektor finansial.

Hari ini McCain tampil berkampanye di beberapa tempat di negara bagian Florida.

John McCain mengatakan, dia akan melakukan reformasi badan-badan pengatur federal untuk mencegah kegagalan serangkaian bank lagi.

McCain berbicara di Jacksonville, Florida, hari ini setelah bank investasi Lehman Brothers mengumumkan sedang mendekrasikan kebangkrutannya. McCain berjanji akan mengganti apa yang dia sebut peraturan pemantauan yang kuno dan tambal sulam dengan sistem yang lebih transparan.

Sementara itu, dalam pernyataannya, kandidat presiden dari partai Demokrat Barack Obama menyebut kemunduran finansial itu merupakan krisis yang paling serius sejak era Great Depression. Dia menyalahkan kebijakan pemerintah yang menghancurkan perlindungan konsumen dan longgarnya pemantauan dan regulasi serta dorongan untuk memberi bonus besar kepada eksekutif perusahaan.

Seperti McCain, Obama menjanjikan perombakan badan regulator keuangan untuk lebih melindungi investor dan konsumen.

Pada hari Minggu kandidat presiden Amerika dari Partai Demokrat Barack Obama berhasil menggalang rekor dana kampanye sebesar 66 juta dollar bulan lalu. Kantor kampanye senator Illinois itu hari Minggu mengumumkan dia telah mencapai rekor baru dengan mendaftar 500 ribu donor baru.

Di pihak Partai Republik, kandidat John McCain mengumpulkan 47 juta dollar, yang merupakan rekor terbaik bagi dirinya.

XS
SM
MD
LG